Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menunjang Akademik Kader, RPK Al-Farabi Inisiasi Pelatihan Kepenulisan Makalah

Pelatihan Kepenulisan Makalah Komisariat Al-Farabi (16/10/2024)

Penulis: Restu Agung Santoso (Kader PK IMM Al-Farabi)


Guna meningkatkan kualitas akademik dan memperkuat kompetensi dalam hal kepenulisan ilmiah, RPK IMM Al-Farabi UINSA mengadakan pelatihan kepenulisan makalah yang diadakan pada tanggal 16 Oktober 2024 di aula masjid Al-Ikhlas, Wonocolo.

Pelatihan ini tidak hanya diperuntukkan bagi kader mahasiswa baru yang sedang belajar pembuatan makalah, tapi juga untuk para kader seluruhnya yang masih merasa membutuhkan ilmu kepenulisan ilmiah untuk tugas kuliah.

Nadiyah Lailatul Hidayah selaku Ketua Umum PK IMM Al-Farabi menyatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi semua kalangan kader, "Menurut saya pelatihan makalah sangat bermanfaat tidak hanya untuk kader mahasiswa baru saja, tetapi juga buat seluruh mahasiswa," ujarnya. 

Dalam pelatihan tersebut, pemateri membedah seluruh masalah kesulitan peserta dalam proses penulisan makalah, kemudian dijelaskan dan dipraktekkan secara langsung. Selain itu, pelatihan tersebut tidak hanya berfokus pada bagaimana cara menulis makalah, tapi juga membahas kaidah kepenulisan lainnya yang saling terhubung, seperti artikel. 

"Kenapa seperti itu? Karena penulisan artikel pun hampir sama kaidahnya dengan menulis makalah," sambung Nadiyah.

Ia juga berharap pelatihan kepenulisan ini tidak hanya berhenti sampai di sini, akan tetapi harus terus berlanjutguna meningkatkan skill kepenulisan yang baik dan benar bagi para kader.

Nadiyah mengatakan, "Perlu waktu lebih panjang lagi dalam pelatihan kepenulisan seperti itu, karena benar-benar sangat membantu untuk menyusun tulisan dengan baik dan benar bahkan sampai pembuatan skripsi nanti," jelasnya.

Para Kader IMM Al-Farabi UINSA sekaligus peserta pelatihan merasa puas terhadap kegiatan yang telah diadakan. Dengan hal itu, mereka mendapatkan banyak wawasan tentang cara menyusun karya tulis yang baik dan benar, terlebih pemateri yang diundang kompeten di bidang itu, yakni IMMawan Muhammad Habib Muzaki selaku RPK IMM Cabang Kota Surabaya. 

Nurul Hidayati selaku peserta pelatihan kepenulisan merasa terbantu dengan ilmu dan praktik yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan, "Pelatihan kepenulisan makalah ini memberikan saya banyak wawasan baru tentang teknik-teknik dalam menulis makalah secara efektif dan sistematis," ucapnya.


Editor: Belly Ubaidila

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA